Sabtu, 18 Agustus 2012

BAAK? Apa itu?

Awalnya, sama sekali ga ada bayangan kalau gue bakal masuk UNJ. Tapi kayaknya ini emang udah jalan yang diberikan oleh Allah SWT ke gue..............................................

Waktu itu, lupa tepatnya tanggal berapa, adalah pengumuman snmptn 2012 yang diumumkan via online. Sehabis magribh langsung dong gue berkutat di depan laptop sambil menunggu detik detik pengumuman yang akan diumumkan jam 7 malam. Alhasil setelah jam 7 malam lewat dikit, website snmptn malah down dan pengumuman jadi tersendat-sendat. Jadi bikin gregetan dan tambah penasaran, mungkin gara-gara seluruh warga indonesia yang ikut snmptn 2012 lagi akses web snmptn kali ya *sigh*

Yaudah, akhirnya gue memutuskan untuk liat pengumuman lewat hp. Eh bisa, seneng dong. Tambah seneng lagi pas liat tulisan "SELAMAT" waaaaaaaaaaaaaah bener-bener ga disangka-sangka dan seneng banget, speechless lah. Gue ngerasa kalau gue adalah orang yang beruntung, dari ribuan peserta snmptn gue berhasil lolos. Yang namanya bersyukur kali ini gue bener-bener bersyukur.

Iya, gue lolos pilihan ke 2 di snmtpn tulis kali ini. Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta. Sebenernya kalau denger kata Manajemen Pendidikan gue udah ga asing lagi, karena beberapa temen kakak gue ada yang lulusan MP dan gue emang sering bertanya tentang apa itu MP. Dari situlah gue mulai mengenal Manajemen Pendidikan dan memilih MP pada pilihan kedua di snmptn tulis 2012. Beberapa hari kemudian gue dapet info dari twitter, bagi anak yang lolos snmptn tulis mohon menyerahkan berkas tanggal sekian sekian. Gue langsung nyiapin berkas yang diperlukan. Walaupun dari SMA gue, SMA 42 Jakarta, anak yang keterima di UNJ cuma bisa diitung pake jari 1 tangan gue beruntung karena ada 1 temen gue yang dulunya 1 kelas waktu kelas 12 dan lumayan deket juga keterima di UNJ, 1 fakultas pula tapi beda jurusan.

Setelah semua berkas siap berangkatlah gue menuju UNJ. Melalui pengumuman yang ada di twitter disitu tertulis kalau gue perlu ke suatu tempat yang namanya BAAK untuk menyerahkan semua berkas berkas. Pas denger kata BAAK gue langsung berpikir "Apaansih itu? Tempat apaan ya? Dimana ya tempatnya", akhirnya gue mencari tempat tersebut dan ketemu! Ternyata BAAK itu semacam Tata Usaha kalau di SMA, tempat untuk mengurus segala hal yang berhubungan dengan admnistratif anak mahasiswa UNJ. Oke sekarang gue tau apa itu BAAK. Semua berkas yang dibutuhin udah gue kasih ke ibu-ibu berkacamata yang ada di loket FIP di BAAK dan gue juga mendapat berkas baru yang perlu diisi serta segala macam tata cara pembayaran untuk mahasiswa baru. Ya walaupun info yang didapat kurang jelas dan dimengerti, gue bisa bertanya ke akun twitter kakak-kakak senior UNJ. Memang, jaman sekarang twitter adalah segalanya.

Berkas lengkap, bayar segala macam ke bni juga udah, balik lagi deh ke BAAK dan ga kerasa udah 2 hari bolak-balik dari rumah ke UNJ yang ternyata lumayan capek juga. Gue pun melakukan tes kesehatan seperti yang lainnya, pada saat itu gue berangkat dari rumah jam 7 pagi dan berharap ketika sampai disana antrian di poliklinik UNJ masih kosong belompong, dan ternyata benar ketika sampai disana antrian masih kosong. Tata cara melakukan tes kesehatan memang lumayan rumit tapi mau tak mau gue harus melakukan tes kesehatan sampai selesai.

Hari berikutnya setelah tes rontgen, tensi darah, berat dan tinggi badan juga buta warna adalah tes kesehatan oleh dokter. Tes selesai, hasil rontgen didapat, barulah gue kembali lagi ke BAAK. Semua berkas lengkap sudah. Selama 3 hari gue mengurus semua berkas dan bolak-balik UNJ hanya bersama temen gue tanpa ditemani oleh orangtua, mau belajar mandiri ceritanya. Walaupun gue tau ini adalah tahap pertama yang cukup melelahkan sebagai seorang mahasiswa baru dan masih banyak tahap-tahap selanjutnya yang harus gue jalani untuk menjadi seorang mahasiswa yang sesungguhnya.

ƪƪ'▿') ('▿'ʃʃ ƪƪ'▿') ('▿'ʃʃ



Tidak ada komentar:

Posting Komentar