Selasa, 21 Agustus 2012

Alhamdulilah, karena izin ﷲ semuanya berjalan lancar


Assalamualaikum wr.wb
Perkenalakan nama Shefanny Nur Layla , saya mahasiswa baru UNJ jurusan MP tahun 2012. NIM 1445121181
Awal mula perjuangan sesampainya menjadi mahasiswa di kampus hijau. Berawal dari impian saya untuk menjadi guru dan saya beranggapan kalau kampus hijau ini adalah kampus yang bisa membawa saya kepada hal yang lebih baik seperti sarana saya untuk berdakwa di jalan, karena banyak orang mengatakan bahwa kampus hijau ini kampus yang religius, walaupun saya belum tau betul waktu itu kampus ini seperti apa wujudnya, dan saya percaya-percaya saja dengan anggapan itu. Berjuangan saya menyari info tentang universitas baru pada semester 6 di SMK, awalnya sih difokuskan kepada Universitas Indonesia, tetapi entah mengapa ketika memilih universitas pada saat SNMPTN Undangan tidak ada pikiran buat memilih UI, malah waktu itu saya memilih UNJ dengan pilihan jurusan Pend. Ekonomi dan Manajemen Pendidikan. Dan satu pilih universitas lagi yaitu Universitas Brawijaya dengan jurusan Psikologi dan Akuntansi. Tetapi pada saat pengumuman pada tanggal 26Mei2012 saya sangat sedih karena pilihan saya di SNMPTN Undangan tidak ada yang lolos. Tetapi saya tidak menyerah sampai disitu, saya langsung mencari info tentang SNMPTN Tertulis dan mendaftar, selain itu saya berusaha meminjam dan membeli buku tentang TPA, MTK dasar,IPS dll kepada teman-teman saya yang belajar di SMA, maklumlah saya sekolahnya kejuruan alias SMK yang jarang belajar tentang teori yang diujikan di SNMPTN Tulis itu, di SMK itu kebanyakan praktek tentang kejuruan, berhubung jurusan saya Akuntansi makanya saya seringnnya belajar Akuntansi dibandingkan teori yang sering diajarkan di SMA. Walaupun begitu saya tetap Optimis bisa masuk universitas dan akhirnya saya bisa jadi guru yang mengabdi untuk negri.karena terobsesinya saya untuk jadi guru makanya saya pada saat SNMPTN Tertulis milih UNJ dengan Jurusan Manajemen Pendidikan dan Ilmu Agama Islam, walaupun sebelumnya saya belum tau kalau manajemen pendidikan itu akan jadi apa, setau saya managamen itu mengatur, berarti kerjanya itu menyusun, Mengatur pendidikan dsb. Dan saya mikir mungkin ini bisa kali ya nantinya ngajar, yasudahlah pilih aja manajemen pendidikan. Sampailah saat ujian SNMPTN, saya mengerjakan soal dengan penuh percaya diri dan terus berdoa kepada supaya diberikan petunjuk, walaupu banyak soal yang gk tau alasannya kenapa milih itu (hanya sekedar fiiling). Dan Alhamdulilah pada saat pengumuman pada tanggal 7 Juli 2012 saya diterima di UNJ jurusan Manajemen pendidikan, setelah ngelihat pengumuman itu langsung dah saya sms teman-teman yang ikut SNMPTN dan alhamdulilah ada juga temen saya yang diterima di UNJ walaupun tidak sejurusan.
Setelah itu saya dan teman saya itu pada tanggal 13 Juli 2012 ke UNJ untuk melapor di BAAK,   pas di UNJ bingungnya bukan main karena banyak orang tapi kita gak tau tuh harus yang kemana, kita berdua sok-sok an aja, pertama ke loket FE karena temen saya itu jurusan akuntansi yaudah deh di loket FE itu ada kk yang ngasih tau kalau kita harus ngasih kartu peserta SNMPTN dulu ke loket baru nanti dapet alur kegiatan,besaran UKT dan POM UNJ, yaudah deh kita ikutin apa kata kknya, terus abis dari loket kata kknya temen saya disuruh ke stand FE buat lapor diri, tapi sebelum ke stand saya dan temen saya ke loket FIP dulu untuk saya lapor dan dapet alur kegiatan. Setelah dapet alur kegiatan langsung dah kita ke stand FE dulu dan baru ke Stand FIP di stand FIP saya itu diterangin tentang alur-alurnya itu dan dikasih tau kalau tanggal 23-27 Juli 2012 itu disuruh ke FIP lantai3 wat lapor diri dan sebagainya. Sesudah lapor diri kita langsung pulang.
Pada tanggal 17Juli2012 saya dan temen saya kembali ke UNJ lagi. Setelah sampai di UNJ pertama tempat yang kita kunjungi adalah Bank BNI, di Bank BNI pun kita bigung kita ngapain dulu ya? Untung aja pak satpamnya ngasih tau kita gimana caranya bayar UKT. Setelah udah bayar UKT kita langsung ke BAAK lagi buat nukerin stuk bayaran UKT dengan form-form yang harus diisi, setelah ke BAAK kita tes kesehatan, disana banyak banget orang dan kita berdua bingung banget kita harus kemana ya karena disitu itu banyak banget yang namanya orang yang ngantri dan kita gk tau itu ngantri apan, yaudah dahh nanya-nanya ama orang mereka lagi ngantri apa aja, ternyata ada yang ngatri buat di rontgen dan ada yang nungguin hasil rontgennya. Terus salah satu orang yang kita Tanya itu bilang kalau kita harus lapor dulu buat dapet form yang harus diisi, yaudah tuh kita lapor dan nukerin struk bayar UKT dengan from gitu yang harus diisi pake pulpen,  gak boleh dicoret/ditipe dan harus huruf capital. Yaudah, abis ngisi form, berhubung udah waktunya shalat zuhur, kita ke mesjid alumni dulu buat shalat zuhur. Setelah shalat zuhur kita langsung dah ngambil posisi buat ngantri rontgen, dan alhamdulilahnya kita dapet yang di depan barisan, jadi kita cepet dapet bagian rontgennya, setelah rontgen kita periksa tinggi dan berat badan, tensi darah dan tes buta warna. Dan kata ibu-ibunya kita besoknya disuruh ke UNJ lagi buat ngambil hasil tes kesehatannya.  Setelah serangkaian tes kesehatan itu kita langsung pulang.
Besoknya tepatnya pada tanggal 18juli2012 setelah mengajar di PAUD. Saya dan teman saya ketemuan di SMKN1 buat ngambil ijazah dan sekalian melengkapkan berkap-berkas dan form-form yang dibutuhkan yang akan dikembalikan ke BAAK, jadi setelah ngambil tes kesehatan kita langsung ngumpulin berkas ke BAAK biar tidak mondar-mandir ke unj. Setelah dari SMK kita langsung ke UNJ, kita nyampe di UNJ tepat sekali dengan adzan zuhur, maka dari itu kita shalat zuhur dahulu. Setelah shalat zuhur kita ngasih kertas nomer buat ngambil hasil tes kesehatan. Kita nunggu dipanggil lama banget. Sambil kita nunggu dipanggil dan berhubung kita berdua laper banget yaudah dah kita beli pecel yang ada di depan FIP, eh tiba-tiba pas kita lagi makan, kita dipanggil yaudah dah pecel yang kita makan langsung dibayar dan di taruh padahal masih banyak pecelnya. Hehehe.. di dalam kita ternyata masih ngantri juga. Setelah dapet giliran kita dicek kesehatannya lagi dan dikasih hasil rogentnya. Setelah itu kita buru-buru langsung ke tempat fotocopy wat fotocopy hasil kesehatannya karena waktunya udah jam stegah 3, alhamdulilahnya petugas BAAKnya masih ada, jadi bisa langsung ngumpulin berkas-berkasnya. Karena waktu udah sore kita berdua pun langsung pulang.
Berhubung waktu lapor diri di stand itu kakanya nyuruh datang ke FIP lantai3 tanggal 23-27juli 2012. Saya  datang ke FIP nya tanggal 25juli2012, pertama masuk ke gedung fip langsung aja ke lantai 3 abis itu ada yang rame-rame datengin aja. Pertama kan ke stand fakultas di situ dikasih buku panduan falkultas dan kita diterangin pas MPA itu disuruh bawa apa aja, dan MPAnya itu kapan aja dan banyak lagi info yang dikasih tau kknya tentang MPA. Setelah habis dari stand fakultas langsung ke stand Tarbawi, wih ramainya bukan main, ngantrinya panjang banget, nunggunya lama.tapi akhirnya dapat giliran juga di wawancarain, abis diwawancarain saya disuruh baca Al-Quran, sesudah itu baru dapet stempel tarbawi. Dari Tarbawi saya langsung ke Stand jurusan manajemen pendidikan, disana saya dikasih buku panduan lagi buat MPA dan diterangin kknya nanti pas MPA bawa apa aja yang dari jurusan dan juga diwawancari oleh kknya. Setelah dari fakultas ke stand tipe dan organisasi-organisasi yang ada FIP. Setelah stempel di buku panduan fakultas udah keisi semua saya ke stand fakultas buat minta stempel fakultas. Setelah serangkaian melapor diri dan pengarahan buat MPA telah selesai   dilaksanakan, saya langsung pulang karena waktu sudah menujukan ke angka 3, dan waktu itu pas lagi puasa ramadhan makanya saya buru-buru pulang untuk mempersiapkan buka puasa nanti.. hehehe… J
Itulah serangkaian cerita saya dari memilih manajemen pendidikan, daftar ulang di BAAK, tes kesehatan, ngelapor diri di falkutasb & jurusan. Dan itu semua alhamdulilah, dilancarkan oleh tanpa ada hambatan yang berarti sama sekali. Thanks
Assalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar