Selasa, 04 September 2012

Pesimisme-->Optimisme

Waktu awal-awal denger kata MPA, gw langsung curiga dan mikir "Ah, ini mah cuma bahasa alusnya OSPEK doang. Pasti nanti bakal dikerjain abis-abisan". Dari mindset yang udah ga bener itu, awalnya gw sangat malas ikut MPA. Toh menurut gw, kalo kuliah yaudah sih tinggal kuliah. Pake ada MPA segala, what a hassle. Tapi apa daya, sebagai MaBa yang baik, tidak sombong dan rajin menabung, gw ikutin semua alur dan penugasan tentang MPA. Dan setelah hari H, fakta dan panitia membuktikan bahwa gw salah. MPA itu kereen!! Super FUN, tanpa ada unsur-unsur perploncoan sedikitpun. MPA punya segudang manfaat, dan sangat-sangat berguna buat MaBa polos kaya gw yang ga tau menahu tentang dunia Kampus.
Banyak hal baru yang gw pelajarin disini, ada tentang akademis, politik, terus ormawa, dan banyaak lagi. Untuk lebih jelasnya, gw bakal jabarin cerita tentang MPA ini.

1. Briefing MPA
Ya, semua dimulai saat briefing MPA yang dilaksanakan tanggal 10 Agustus 2012 bertempat di Kampus A, tepatnya gedung Perpustakaan yang ada dibagian belakang UNJ. MaBa wajib hadir pukul 6 TEPAT. Gw tewas (oke ini lebay). Rumah gw di TANGERANG COY!! Yang artinya gw harus berangkat sekitar jam 04.30 pagi! Adzan subuh ajah beloman, gw udah manasin motor. Dan berhubung ga boleh bawa motor, gw naro motor di rumah cikal-bakal-calon-kandidat-putra pendidikan yang gagal, Abenggss bin Abdul Syukur (?) yang ada di Utan Kayu. Walhasil, gw ga telat dan berhasil mencapai UNJ sebelum jam 6! Sebenernya sih ga ada yang spesial di briefing. Cuma sekedar persiapan dan pemantapan peserta aja. Dan juga dikenalin ama banyak lagu-lagu yang asik-asik. haha. Eh iya lupa, ada juga Prof. Darderdor. Haha kocak tuh, salut ama panitia yang kreatif ngemas acaranya jadi gak ngebosenin! ^_^

2. Opening MPA UNJ
UNJ, SATU!! Kampus Pendidikan, MERDEKA!! Itu jargon yang bisa membumihanguskan seantero Velodrome coy! HAHAHAHAHA -_- oke skip. Opening MPA UNJ 2012 itu keren! 6.000 lebih MaBa dari 8 Fakultas yang ada di UNJ jadi satu. Kebayang kan kaya apa ramenya, dan disitu masing-masing fakultas nunjukin Yel-Yel masing-masing. Banyak sih hal yang menarik tentang Opening, apalagi parade bendera nya itu keceee! haha. Tapi hal yang paling berkesan itu pas JALAN dari VELODROME ke KAMPUS A di RAWAMANGUN!!!!! Jauh cuy -_- nyampe sana pada lemes semua. Gw juga sempet kena dehidrasi (gaya). Dan saat itu juga diadakan lomba Yel-Yel antar jurusan se FIP. haha. Banyak banget jurusan yang keren-keren, dan sempet minder juga nih. Tapi saat tampil, semua berusaha maksimal dan kompak, dan MP membuktikan bahwa kita adalah 1 kesatuan, THE ONE AND INVINCIBLE!! Yeeaahh \m/ kita nampilin show yang keren, kompak, seru, lucu, dan bermakna, semua tepuk tangan dan Ka Danur MC pun ternganga. wkwkwkwk. :p tapi pengungumannya bukan hari itu, melainkan saat MPA Fakultas lusa.

3. MPA Fakultas Ilmu Pendidikan UNJ 2012
MPA FIP bertempat di Gelanggang Olahraga Pemuda. Batas keterlambatan jam 5.30... no mercy -__-. Dengan kegigihan dan keuletan yang membulu, gw bisa dateng tepat waktu. hohoho. Oke, di acara ini ada beberapa hal yang menarik, dan 1 hal yang SANGAT MENARIK. Disana sempat dijelasin tentang akademik oleh bapak yang sangat absurd ._.v, terus masalah TOEP oleh UPT PB UNJ. Lalu juga dikenalin ama Dekan, PD, dan jajaran pengurus Jurusan yang ada di FIP. Langsung ajah dah, acara puncaknya, Pengunguman Juara Lomba Yel-Yel antar jurusan FIP! Juara 3 itu ada anak psikologi, yang emang kayaknya menang jumlah :p haha. Terus 2 MC rese itu bikin tegang mulu, sampe akhirnya kandidatnya ada 2 nih, anak TP yang megang rekor 3 kali kemenangan beruntun, dan sangat sangat berambisi untuk meneruskan rekor itu, dan MP yang belum pernah mencicipi manisnya podium tertinggi, menjadi juara 1. Jujur sih awalnya pesimis bakal juara 1, soalnya dari segi jumlah dan semangat latihan, kita kalah jauh ama TP. Tapi ternyata Manajemen Pendidikan FIP UNJ 2012 BERHASIL MENGANGKAT TROFI JUARA 1 LOMBA YEL-YEL ANTAR JURUSAN FIP!!!!! Kami bangga, kami senang, dan sejarah baru terukir, bahwa MP memiliki semangat yang luar biasa!! Biarpun Jumlahnya dikit, solidaritas mengalahkan kuantitas, dan kualitas membungkam semua omong kosong!! Tapi kita tetep respect sama TP, walaupun SENIOR mereka malah mencaci ade kelas mereka sendiri. Kasihan yah :". Pokoknya ini awal yang bagus buat MP 2012 deh! Keep Solid, Keep Kece, Stay calm and we will be the winner B-).

4. MPA Jurusan Manajemen Pendidikan FIP UNJ 2012
Sebelumnya pas FGD ama Ka Gilang Cahyo, dia udah bilang ke gw "buat MPA jurusan lusa, siapin mental dan fisiknya ya" sambil tersenyum ramah. Gw diem aja -_-. Itu kode yang sangat jelas, dan gak pake di enkripsi lagi. Hahaha. Dan bener ajah sih, pas MPA jurusan itu seniornya jadi lebih sangar. Tingkat kebrutalan mereka naik. Haha. Berhubung yang harus diawasi dikit, makanya mereka bisa lebih fokus, dan itu bukanlah hal yang baik buat gw. TDK berkeliaran dimana mana, siap menerkam -_- suasana dibuat lebih mencekam dan seru! haha. MPA jurusan nambahin banyak hal, terutama dosen dan Kajur MP yang sebelumnya gw gak tau menahu. Terus ada motivasi dari mantan Rektor Binus coy, Prof. Dr. Gerard P, yang sekilas mirip mario bross yang terlalu banyak makan jamur ._.v tapi serius, materinya bagus banget. Andaikan beliau bisa nyelesain presentasinya. Terus diakhir acara kita salam-salaman ama Panitia MPA, dan keluar deh sifat asli mereka yang ternyata baik-baik dan ramah. Haha. Oh ya, salam sapa ama angkatan diatas kita juga seru tuh. Anak MP walaupun selalu paling dikit, tapi kenapa paling gila ya -_- mulai dari angkatan 2008-2009 itu udah ga ada yang bener tuh. Hahaha. Tapi tetep salut sama MP, semoga bisa tetep solid dan bersatu. Kita masuk bareng, Keluar bareng!! Amiiin! MP, Go MP!! MP, Go MP!! Goooooo.... MP GOO!!!!

Nah buat closing, gw ga ikut karna suatu kecelakaan yang sangat fatal : kaki gw kecengklak -_- dan sumpah itu sakit, walaupun keliatannya lucu. Huuuffffttt~~ Yaudah sekian aja si dari gw itu cerita tentang rasa, kesan, dan pengalaman gw selama MPA UNJ 2012. Makasih banget buat Kaka-Kaka Panitia, mulai dari tingkat Universitas, Fakultas sampe Jurusan yang udah nyiapin konsep acara yang keren buat MaBa. Harapan gw semoga suatu saat nanti, Mahasiswa bisa jadi bagian dari sebuah sistem pemerintahan, ikut berperan aktif dalam mengawasi, memberikan solusi, memberikan ide-ide inovatif dan kreatif, dan memberikan kontribusi nyata untuk mendukung perubahan Indonesia ke arah yang lebih baik lagi! Hidup Mahasiswa!! Hidup Rakyat Indonesia!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar